+62-811-8067-889
beringinputihindonesia@gmail.com

6 Keunggulan Kurma Tropis H1 Yang Wajib Anda Ketahui, Sehingga Layak Untuk Dibudidayakan

Budidaya kurma, saat memang sebuah kalimat sering kita kenal khususnya bagi para pecinta tanaman buah. Bahkan budidaya kurma ini sudah digembar-gemborkan diseluruh wilayah Indonesia. Yups hal ini tidak terlepas dari terbantahkannya mitos bahwa tanaman kurma tidak dapat berbuah pada daerah yang beriklim tropis. Banyak masyarakat Indonesia yang mencoba untuk membudidayakan tanaman kurma baik hanya untuk koleksi atau sudah skala perkebunan.

Salah satu jenis kurma yang cukup banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia adalah kurma KL1. Kurma tropis KL1 ini terbukti mampu tumbuh dengan baik pada daerah tropis dan mampu berbuah pada usia sekitar 3-4 tahun walaupun dihasilakn dari perbanyaan biji. Selain itu jenis Kurma tropis KL1 sudah dapat di nikmati saat buah masih masak muda.

Belum lama masyarakat Indonsia telah digegerkan dengan kehadiran kurma tropis KL1. Namun kini masyarakat Indonesia akan kembali digemparkan dengan kehadiran jenis kurma tropis terbaru bernama KURMA HENG ONE atau Kurma H1. Kurma tropis H1merupakan salah satu kurma unggulan yang berasal dari negara Thailand. Kurma tropis H1 ini lahir dari hasil polinasi yang dikembangkan oleh keluarga heng heng. Salah satu keunggulan Kurma tropis H1 adalah walaupun dikembangkan dari hasil biji, namun kurma tropis H1 ini mampu menghasilkan kurma betina hingga 80 %. Selain itu, tanaman kurma H1 juga ini mampu tumbuh dan berbuah pada daerah tropis. Lalu apa saja sich keunggulan kurma tropis H1? berikut penjelasannya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan kurma tropis H1 sehingga layak untuk dibudidayakan :

1. Kurma Betina Hingga 80 Persen

Keunggulan pertama yang menjadi daya tarik kurma h1 ini adalah mampu menghasilkan kurma betina dengan presentase hingga 80%. Yups, kurma tropis H1 ini merupakan kurma unggul hasil polinasi, walaupun dihasilkan dari biji namun, kurma H1 ini mampu mengahasilkan kurma betina hingga 80%. Berbeda dengan varietas KL1 dimana persentasi betina dan jantan adalah 50%:50%.

Kehadiran kurma H1 ini tentunya menjadi sebuah terobosan baru sekaligus menjadi solusi efektif. hal ini dikarenakan selam ini untuk menyediakan kurma betina biasanya menggunakan bibit kurma hasil kultur jaringan memiliki harga yang sangat mahal dan rentan terhadap penyakit.

2. Tingkat Adaptasi Tinggi

Pohon kurma tropis H1 ini juga mempunyai keunggulan dengan kemampuan hidup dengan baik dan mampu berbuah lebat pada dataran yang mempunyai iklim hangat seperti tropis. Pohon kurma tropis H1 ini juga mampu hidup dengan baik dalam kondisi air kurang bagus dan dapat hidup pada saat musim kemarau yang panjang atau kekeringan.

Yang lebih menarik lagi adalah pohon kurma H1 ini juga mampu bertahan pada kondisi kelembaban yang cukup ekstrim karena terbukti pohon kurma H1 ini mampu berbuah bagus tanpa serangan penyakit berarti meskipun jarak tanam pendek 2x3m saja.

3. Buah Berwarna Lebih Menarik

Beberapa jenis kurma yang cocok untuk daerah tropis atau lebih umumnya dikenal dengan Kurma Tropis seperti KL1 dan Barhee, rata-rata buah yang sudah siap dipanen berwarna kuning.

Namun berbeda dengan kurma H1, warna buah yang sudah siap dipanen ada 2 macam yaitu berwarna kuning dan juga berwarna merah. Konon meski ada yang berwarna merah dan berwarna kuning keduanya sama sama manis, namun untuk buah kurma H1 yang berwarna merah rasanya sedikit lebih manis tingkatannya. Sehingga anda tidak perlu khawatir bila mendaptkan pohon kurma H1 yang buahnya berwarna merah maupun kuning.


4. Memiliki Rasa Lebih Manis

Buah kurma tropis H1 juga terkenal dengan citarasanya yang sangat manis. Lebih manis jika dibandingkan buah kurma KL1. Buah kurma H1 pada fase hababouk berwarna hijau. Sedangkan saat fase khalal buah berwarna kuning, fase ini buah sudah muncul sedikit rasa manis. Dan pada saat fase ruthob, buah kurma H1 ada yang berwarna kuning ada juga yang berwarna merah. Khusus buah kurma H1 yang berwarna merah mempunyai rasa yang sangat manis.

5. Bersifat Genjah

Keunggulan lain dari kurma tropis H1 ini adalah sifatnya yang sangat genjah, bahkan lebih genjah jika dibandingkan kurma tropis KL1. Sebagai informasi, pohon kurma tropis KL1 mampu berbuah pada umur 3-4 tahun dengan perawatan yang baik, sedangkan pohon kurma tropis H1 sudah mulai berbuah pada umur 2-3 tahun. Hal ini dibuktikan dari perkebunan seluas 2 ha, sebgain besar pohon mulai belajar berbuah diusia 2 tahun meskipun sebagian lainnya juga ada yang mulai berbuah di usia 3-4 tahun.

6. Budidaya Yang Mudah

Membudidayakan kurma dengan menggunakan bibit kurma tropis H1 boleh dibilang sangat efektif, praktis dan berhasil. bibit kurma terbukti dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis. bibit kurma H1 tergolong tahan terhadap suhu ekstrim, kekurangan air dan tahan terhadap penyakit. Hal ini tentunya menjadi daya tarik dan keuntungan yang luar biasa bagi siapapun yang hendak berkebun kurma dengan biaya yang rendah.

Demikianlah informasi tentang keunggulan kurma tropis H1 yang wajib anda ketahui. Bibit kurma tropis H1 ini mampu menjadi solusi alternatif dan efektif untuk pemenuhan kebutuhan bibit kurma betina, mengingat kurma betina hasil kultur jaringan mempunyai harga jual yang sangat mahal. Selain itu, bibit kurma H1 juga terkenal dengan adaptasinya yang tinggi, bersifat genjah dan tahan terhadap hama dan penyakit.

Jika anda bermniat untuk berkebun kurma, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tata cara membudidayakan kurma tropis agar tumbuh baik dan cepat berbuah. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita kurma tropis H1. Semoga bermanfaat dan Terima kasih


Respond For " 6 Keunggulan Kurma Tropis H1 Yang Wajib Anda Ketahui, Sehingga Layak Untuk Dibudidayakan "